Simulasi Soal dan Kunci Jawaban Ujian Sertifikasi Pengadaan Barang/Jasa



Mengikuti ujian sertifikasi Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (PBJP) merupakan salah satu langkah penting dalam perjalanan karir Anda sebagai seorang ASN (Aparatur Sipil Negara). Persiapan yang baik sangat diperlukan untuk menghadapi ujian ini, termasuk pemahaman yang mendalam tentang materi yang akan diuji. 

Dalam artikel ini, kami akan memberikan tips persiapan dan menyediakan contoh soal untuk membantu Anda mempersiapkan diri dengan baik.


Tips Persiapan Ujian Sertifikasi Ahli PBJ


  1. Membaca sampai selesai Peraturan Presiden Nomor 12 Tahun 2021 tentang Perubahan atas Perpres No 16 Tahun 2018 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintahberikut aturan turunannya minimal 1 kali.
  2. Merangkum Perpres 12/2021 terkait pengadaan barang jasa mulai dari perencanaan hingga penyelesaian kontrak. Bila tidak sempat merangkum sendiri, maka bisa membaca materi rangkuman di website Pengadaan.web.id. Dan jangan lupa baca matriks perbedaan antara Perpres 12/2021 dan Perpres 16/2018.
  3. Latihan-latihan soal baik secara sendiri-sendiri maupun belajar berkelompok. Cukup banyak tersedia kumpulan soal dan pembahasan terkait ujian sertifikasi pengadaan barang jasa LKPP baik di buku-buku maupun dapat diunduh dari internet. (Dibawah akan kami berikan salah satu contoh soal ujian sertifikasi ahli Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah)
  4. Ujian Sertifikasi bersifat open book, sehingga peserta ujian diperbolehkan untuk membuka buku untuk mencari jawaban namun hanya buku terkait peraturan pengadaan barang jasa dan modul-modul pengadaan barang jasa yang boleh dibawa masuk kedalam ruangan. Latihan soal dan jawabannya tidak diperbolehkan untuk dibawa. Tandailah materi-materi penting dalam buku tersebut agar mudah ditemukan saat dibutuhkan.
  5. Istirahat yang cukup sebelum deadline ujian datang. Jika perlu konsumsi vitamin untuk menghindari sakit menjelang datangnya ujian.
Baca juga: Keuntungan Menjadi Pejabat Fungsional

Berikut ini kami sajikan kumpulan soal-soal materi ujian sertifikasi pengadaan barang/jasa LKPP.


Materi Latihan Soal Ujian Sertifikasi PBJ


Kisi-kisi soal ujian sertifikasi pengadaan barang/jasa pemerintah (PBJP) merupakan gambaran dari materi pelajaran yang akan diujikan. 

Simulasi ujian sertifikasi PBJP ini bisa dipergunakan oleh para calon peserta ujian untuk mempersiapkan diri secara lebih terarah pada materi yang diperkirakan bakal muncul dalam tes ujian sertifikasi pengadaan barang/jasa LKPP dan juga berguna bagi mereka pejuang CPNS yang akan menghadapi tes seleksi kompetensi bidang (SKB), khususnya yang mengambil formasi pengelola PBJ. 




Saat Anda bersiap menghadapi ujian sertifikasi Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (PBJP) tahun 2024, persiapan yang matang adalah kunci keberhasilan. Salah satu sumber yang sangat berharga untuk mempersiapkan diri Anda adalah ebook soal PBJ terbaru yang kami sediakan. Ebook ini merupakan edisi terbaru yang dirancang khusus untuk membantu calon peserta ujian seperti Anda dalam mencapai kesuksesan.


Untuk mendapatkan ebook soal dan kunci jawaban ujian sertifikasi ahli pengadaan barang/jasa ini, Anda harus menyukai/like fanspage facebook kami Berita Pengadaan Realtime. Kemudian kirimkan pesan "Saya Siap Lulus Ujian Sertifikasi PBJ" melalui Fanspage Berita Pengadaan Realtime, dengan begitu Kami akan mengirimkan soal Ujian Sertifikasi PBJ. Nanti, Tim Pengadaan.web.id akan mengirimkan file/dokumen materi ujian sertifikasi PBJ LKPP.