Bhinneka dan LKPP Gelar Sosialisasi E-Katalog untuk Pengadaan Barang dan Jasa di Kaltim

Ilustrasi : Saat acara sosialisasi e-katalog di Jakarta

Pengadaan.web.id - Bhinneka melakukan kerja sama dengan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) menyelenggarakan sosialisasi yang bertema “Sosialisasi e-katalog LKPP: Belanja Cepat Cara Tepat Melalui e-katalog” di Provinsi Kalimantan Timur.

Kegiatan yang diselenggarakan di Ballroom The New Benakutai Hotel ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan pemerintah daerah mengenai manfaat pengadaan barang melalui e-katalog LKPP.

Acara ini dihadiri sekitar 200 orang yang terdiri dari Kepala SKPD, Ketua ULP, dan LPSE di sekitar kota Balikpapan dan Provinsi Kal-Tim.

Kepala LKPP, Agus Prabowo mengatakan e-katalog menjadi instrumen baru dalam menciptakan pengadaan barang/jasa pemerintah yang terbuka dan efisien. Melalui e-katalog, pembelian barang/jasa dapat dilakukan lebih efisie, cepat dan mudah.

Satker hanya tinggal melakukan login dan melakukan pembelian melalui website https://e-katalog.lkpp.go.id/. Tidak seperti mekanisme pengadaan melalui tender, pembelian melalui e-katalog tidak ada batasan nilai pembelian.”

“Barang/jasa yang terdaftar di e-katalog LKPP harga dan spesifikasinya terbuka. Seluruh masyarakat dapat melihat dan melakukan kontrol. Pembeli dalam hal ini pokja dapat membandingkan harga barang yang sama dari beberapa penyedia,” kata Agus.

Kepala LKPP pun optimis  dengan banyaknya pilihan produk, pemerintah dapat memilih, dan  menentukan pembelian  produk sesuai dengan kebutuhannya. Apalagi, informasi spesifikasi, harga, dan merek telah dibuka dan dapat diakses oleh semua pihak.

“Jadi, kita ini dengan medium (e-katalog) ini meng-create pasar dan harus terbuka harganya. Jadi ini semacam crowd control. Dengan demikian publik bisa mengawasi langsung”, kata Agus kembali.

“Bhinneka.Com sebagai pelopor penyedia online shop terverifikasi di LKPP berperan aktif untuk melakukan sosialisasi pengadaan barang/jasa pemerintah melalui e-katalog. Bhinneka.Com berkomitmen untuk dapat membantu proses revolusi cara belanja pemerintah termasuk pengadaan badan usaha menjadi lebih akuntabel. Selain itu, setiap harga produk sudah termasuk pajak sehingga menjamin akuntabilitas serta menghemat pengeluaran rutin pemerintahan," urai Heriyadi Janwar selaku Corporate VP dari Bhinneka.Com.

Agenda sosialisasi ini dimanfaatkan lebih lanjut oleh Bhinneka.Com dalam keberadaanya sebagai penyedia barang/jasa pemerintah. Untuk semakin meningkatkan kualitas pelayanan dari berbagai aspek, Bhinneka.Com memberikan produk yang lengkap, harga khusus untuk produk dalam e-katalog, jaminan garansi, dan service. Dalam acara ini pula didukung oleh brand principal yang telah lama bekerja sama dengan Bhinneka.Com, yaitu HP.

Brand principal tersebut turut memberikan informasi mengenai product knowledge kepada instansi-instansi pemerintah, yang nantinya akan mereka beli di Bhinneka.Com.

Peran agregator online shop Bhinneka.Com ke dalam sistem e-katalog LKPP dipercaya dapat mempercepat akselerasi katalogisasi produk yang akan dibeli oleh pemerintah.

Hingga saat ini terdapat lebih dari 31.000 produk Bhinneka.Com yang tayang di e-katalog LKPP. Produk-produk tersebut, antara lain Computer (Desktop & Notebook), Servers, Office Equipment, Camera, Gadget, Peripheral, TV, dan masih banyak lagi.

Hal seperti inilah dapat mewujudkan efektivitas kinerja dan efisiensi anggaran negara yang dibelanjakan melalui Pengadaan Barang/Jasa. Sehingga pada akhirnya menjadikan Bhinneka.Com sebagai investasi terbaik untuk belanja pemerintah.

0 Response to "Bhinneka dan LKPP Gelar Sosialisasi E-Katalog untuk Pengadaan Barang dan Jasa di Kaltim"

Post a Comment