Kinerja Masih Juah dari Harapan, SKPD Sampang Minta Pengadaan Kendaraan Dinas


Sampang - Permintaan fasilitas penunjang berupa kendaraan dinas oleh sejumlah pejabat di beberapa Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sampang dinilai tak seimbang dengan kinerjanya dalam melayani masyarakat.

Kinerja SKPD pembkab sampang masih jauh dari harapan. Hal itu disampikan oleh anggota Komisi II maupun Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) setempat.

Syamsul Arifin selaku anggota Komisi II DPRD Sampang menambahkan (8/11), selama ini sejumlah SKPD dan instansi pemerintah Sampang lainnya cenderung hanya menginginkan untuk mendapatkan fasilitas yang layak namun tidak disertai dengan kinerja yang bagus.

Sementara kualitas kinerjanya masih jauh dari harapan. Hal ini dibuktikan dalam setiap tahun Pemkab Sampang selalu mendapat peringkat sebagai kawasan wajar dengan pengecualian (WDP).

Lebih jauh lagi, Syamsul mengharapkan ada keseimbangan antara kinerja dan fasilitas. Seharusnya dengan penilaian WDP bisa memberikan semangat kepada sejumlah pejabat SKPD dan instansi lainnya untuk melakukan pembenahan dan evaluasi dalam kinerja, bukan hanya memikirkan pengadaan kendaraan dinas saja.

Lebih lanjut Syamsul mengatakan, pada Tahun 2016 mendatang ia akan merekomendasikan pembatasan pengadaan kendaraan dinas bagi SKPD yang sudah memiliki lebih dari tiga kendaraan dinas roda empat.

"Saat pembahasan APBD nanti, kami akan merekomendasikan pembatasan pengadaan kendaraan dinas roda empat, karena kami nilai kendaraan dinas yang ada di sejumlah dinas sudah cukup dan masih layak digunakan," tuturnya.

Sementara itu, kritikan lebih tajam disampaikan oleh Wakil Ketua Komisi III DPRD Sampang,  Aulia Rahman, ia tidak hanya meminta Pemkab Sampang untuk melakukan pembatasan pengadaan kendaraan dinas bagi pejabat. Namun, bakal memberikan saran kepada Pemkab untuk menghentikan pengadaan kendaraan dinas, khususnya kendaraan roda empat atau mobil dinas.

"Pihak kami memohon kepada tim anggaran pemerintah daerah (TAPD) untuk lebih teliti lagi dalam membuat anggaran keuangan daerah, terutama tidak perlu menganggarkan pengadaan kendaraan dinas roda empat bagi pejabat yang sudah memiliki kendaraan dinas," tandasnya.

Berdasarkan informasi yang diperoleh terkait catatan yang dikeluarkan oleh Dinas Pendapatan Provinsi Jawa Timur kendaraan dinas yang sudah dimiliki oleh Pemkab Sampang  mencapai 2769 unit totalnya, dengan perincian sebagai berikut :
  1. Sedan dan sejenisnya 5 unit;
  2. Jeep dan sejenisnya 2 unit;
  3. Station dan sejenis 239 unit;
  4. Bus dan sejenis 6 unit;
  5. Truk dan sejenis 100 unit; dan
  6. Sepeda motor 2.417 unit.


0 Response to "Kinerja Masih Juah dari Harapan, SKPD Sampang Minta Pengadaan Kendaraan Dinas"

Post a Comment

Contact Us