KERANGKA ACUAN KERJA (KAK) PENGADAAN SERAGAM PETUGAS PT TRANSPORTASI JAKARTA

Berikut ini pengadaan.web.id memberikan contoh KAK pekerjaan pakaian, khususnya seragam petugas PT. Transportasi Jakarta. Contoh KAK ini bisa dipakai sebagai contoh untuk pekerjaan-pekerjaan pengadaan seragam di sebuah instansi rumah sakit atau dinas pemerintahan yang lain.

1. LATAR BELAKANG
Petugas memegang peranan penting dalam menjalankan kegiatan, meningkatkan dan mengembangkan perusahaan untuk memperoleh kemajuan serta mencapai program yang ditetapkan. Secara umum petugas PT Transportasi Jakarta dibagi menjadi 2 yaitu Petugas kantor dan Petugas lapangan yang pekerjaannya beragam sesuai fungsi dan tugasnya masing-masing, sehingga untuk memantau petugasnya diperlukan pembedaan identitas dan profesi agar mempermudahkan manajemen perusahaan di dalam pengawasan sesuai fungsi dan tugas masing-masing. Untuk mendukung kegiatan tersebut di atas, maka diperlukan pakaian seragam sesuai dengan profesi dan tugasnya. Seragam yang akan digunakan diharapkan mampu menggambarkan visi misi dari perusahaan yang mewakili semangat kerja PT Transportasi Jakarta.

2. MAKSUD DAN TUJUAN
 a. Maksud
Maksud dari kegiatan ini adalah memberikan identitas perusahaan kepada masyarakat luas melalui seragam yang digunakan oleh para petugas PT Transportasi Jakarta.

 b. Tujuan
 1) Memberikan identitas perusahaan yang diwakili oleh seragam petugas;
 2) Memberikan kesan kepada masyarakat lebih baik, rapih, dan profesional;
 3) Memberikan perhatian dan semangat yang dapat memacu agar lebih profesional kepada setiap petugas;
 4) Memudahkan manajemen perusahaan didalam pengawasan petugas sesuai profesi dan tugasnya. 

3. RUANG LINGKUP PEKERJAAN

Ruang lingkup yang harus dikerjakan oleh penyedia adalah, yang meliputi :

a. Penyedia melakukan pembuatan contoh kain dengan warna sesuai persetujuan PT Transportasi Jakarta, contoh warna sebagai berikut: Biru Muda Biru Tua Putih

b. Penyedia melakukan pembuatan MookUp (contoh seragam) sesuai desain per profesi dengan 3 Jenis contoh (Pria, Wanita dan Wanita Berjilbab) untuk di setujui terlebih dahulu oleh PT Transportasi Jakarta sebelum produksi massal.

c. Penyedia melakukan pengukuran kepada seluruh petugas PT Transportasi Jakarta dengan membawa contoh baju (atasan) untuk pengukuran sesuai ukuran standar.

d. Penyedia melakukan pengukuran kepada seluruh petugas PT Transportasi Jakarta dengan membawa contoh celana (bawahan) untuk pengukuran sesuai ukuran standar.

e. Penyedia menyediakan seragam seluruh petugas PT Transportasi Jakarta yang mengacu pada desain meliputi profesi-profesi, sebagai berikut :
 1) Seragam Petugas Kantor;
 2) Seragam Petugas Kasir;
 3) Seragam Petugas Barrier;
 4) Seragam Petugas Onboard;
 5) Seragam Petugas PAM Jalur dan Transit;
 6) Seragam Petugas Pengemudi;
 7) Seragam Petugas Mekanik dan Teknisi;
 8) Seragam Petugas Kebersihan;
 9) Seragam Petugas PAM DAL.

 f. Penyedia menggunakan Jenis kain dengan spesifikasi sebagai berikut:

 1) Kemeja dan celana untuk profesi selain Petugas PAM Jalur dan Transit serta Petugas Kebersihan menggunakan jenis kain dengan material 65% Tetron dan 35% Rayon dengan tenun jenis DRILL, dengan kualitas tahan lama ketika digunakan dan warnanya tidak cepat pudar;

 2) Kemeja dan celana untuk profesi Petugas PAM Jalur dan Transit menggunakan jenis kain RIB STOP dengan kualitas tahan lama ketika digunakan dan warnanya tidak cepat pudar;

 3) Untuk profesi Petugas Kebersihan bagian atasnya berbentuk Kaos Polo (kaos Kerah) menggunakan jenis kain LACOSTE PIQUE dan untuk bawahannya menggunakan jenis kain dengan material 65% Tetron dan 35% Rayon dengan tenun jenis DRILL, dengan kualitas tahan lama ketika digunakan dan warnanya tidak cepat pudar;

 4) Angka 1, 2 dan 3 diatas pada huruf f wajib mengacu pada desain.

 g. Penyedia menyiapkan dalam bentuk paket dengan kemasan per profesi dan per nama petugas beserta aksesoris tambahannya (bordir dan scotlight sesuai desain), dan tiap kemasan dapat terdiri dari :
 1) Seragam (atasan dan bawahan) 3 (tiga) stel;
 2) Penutup dada wanita berjilbab menyesuaikan desain;
 3) Jilbab menyesuaikan desain;
 4) Rompi menyesuaikan desain;
 5) Topi menyesuaikan desain.

 h. Penyedia memberikan layanan purna jual selama 2 (dua) bulan kalender setelah hasil pekerjaan diterima. Layanan purna jual yang dimaksud meliputi penyesuaian ukuran, penyempurnaan seragam, penggantian dan sebagainya.

i. Yang dimaksud Stel pada desain;

 1) Seragam Petugas Kantor yaitu terdiri dari baju (atasan), celana (bawahan), penutup dada (cape), kerudung, bordiran nama dan logo mengacu desain dan sesuai pilihan pria, wanita, atau wanita berjilbab.

 2) Seragam Petugas Kasir yaitu terdiri dari baju (atasan), celana (bawahan), kerudung, bordiran nama dan logo mengacu desain dan sesuai pilihan pria, wanita, atau wanita berjilbab.

 3) Seragam Barrier yaitu terdiri dari baju (atasan), celana (bawahan), kerudung, rompi beserta scotligth, topi, bordiran nama dan logo mengacu desain dan sesuai pilihan pria, wanita, atau wanita berjilbab.

 4) Petugas OnBoard yaitu terdiri dari baju (atasan), celana (bawahan), kerudung, bordiran nama dan logo mengacu desain dan sesuai pilihan pria, wanita, atau wanita berjilbab.

 5) Petugas PAM Jalur dan PAM Transit yaitu terdiri dari baju (atasan), celana (bawahan) beserta scotlight, kerudung, topi, bordiran nama dan logo mengacu desain dan sesuai pilihan pria, wanita, atau wanita berjilbab.

 6) Petugas Pengemudi yaitu terdiri dari baju (atasan), celana (bawahan), kerudung, rompi, bordiran nama logo mengacu desain dan sesuai pilihan pria, wanita, atau wanita berjilbab.

 7) Petugas Mekanik dan Teknisi yaitu terdiri dari baju (atasan), celana (bawahan) beserta scotlight, bordiran nama dan logo mengacu desain dan pilihan pria.

 8) Petugas Kebersihan yaitu terdiri dari kaos (atasan), celana (bawahan), kerudung, bordiran logo mengacu desain dan sesuai pilihan pria, wanita, atau wanita berjilbab.

 9) Petugas PAM DAL yaitu terdiri dari baju (atasan), celana (bawahan), bordiran logo mengacu desain dan sesuai pilihan pria atau wanita.

Mengenai spesifikasi, metode pekerjaan, jadwal pekerjaan dan sebagainya bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing instansi. Uraian di atas merupakan contoh secara general KAK Pengadaan Seragam di sebuah instansi, yang tepatnya instansi PT. Transjakarta.

Demikian contoh Kerangka Acuan Kerja ini dibuat untuk dapat dijadikan panduan dalam pembuatan TOR atau KAK guna sebagai acuan dalam pelaksanaan pekerjaan.

1 Response to "KERANGKA ACUAN KERJA (KAK) PENGADAAN SERAGAM PETUGAS PT TRANSPORTASI JAKARTA"

  1. kepada yth
    Pimpinan/Finance/hrd
    dengan hormat,

    Bersama ini Kami ingin memperkenalkan diri, bahwa PT. SEMIDANG JAYA BERSAMA adalah Perusahaan yang bergerak dibidang Jasa Penerbitan Jaminan Bank Garansi & Surety Bond Non Collateral,Cepat,Murah,polis diantar serta pembayaran bisa belakangan.

    Jenis jaminan yang kami tawarkan anatara lain sbb:
    1.Jaminan Penawaran Bid( Tender) Bond.
    2.Jaminan Pelaksanaan/ Peformance Bond.
    3.Jaminan Uang Muka/ Advance Payment Bond.
    4.Jaminan Pemeliharaan/ Maintenance Bond.

    Asuransi Umum yang kami terbitkan sbb:
    1.Custom Bond
    2.Asuransi Cargo
    3.Construction All Risk
    4.Public Liabillity/ Product Liability/ Profesional Liability Dll

    Perusahaan Asuransi Yang menerbitkan SURETY BOND adalah:
    • PT. Asuransi Askrindo
    • PT.Asuransi ASEI
    • PT.Asuransi Intra Asia
    • PT.Asuransi Bosowa
    • PT. Asuransi Raya
    • PT. Asuransi Ramayana Dll

    Adapun Beberapa Bank Penerbit GARANSI BANK adalah:
    • Bank Mandiri
    • Bank BRI
    • Bank BCA
    • Bank BTN
    • Bank BNI
    • Bank DKI dll

    Besar harapan kami kiranya perusahaan kami diberikan kesempatan dan kepercayaan untuk berpartisipasi dalam kegiatan perusahaan bapak/ibu kelola terutama dalam hal perlindungan terhadap resiko (Wan Prestasi) baik itu proyek yang sedang berjalan / akan dilaksanakan maupun proyek yang sudah berjalan kami memberikan prosedur yang relative mudah yaitu proses cepat serta jaminan polis siap di antar.
    Demikianlah penawaran ini kami sampaikan, semoga ini merupakan awal kerjasama yang baik dan berkesinambungan dimasa yang akan datang. Sambil menunggu konfirmasinya saya ucapkan terimakasih.

    Edwin Albasrin
    PT. SEMIDANG JAYA BERSAMA
    kom,bulog blok D NO12 jl.Bangunan Barat,Kampung Ambon, jakarta timur.
    Tlp : +6221 2984 7648
    Fax : +6221 2984 7649
    Mobile – 0812-9634-8134
    email : edwinalbasrin.mjl93@gmailcom

    ReplyDelete

Contact Us