Tips Mengupload Dokumen Penawaran Lelang

Salah satu hal yang sering dikeluhkan kepada pengembang sistem LPSE adalah waktu upload yang lama karena ukuran file cukup besar. Sebenarnya solusi teknisnya cukup mudah namun tidak semua orang mengetahui. Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan. Berikut Tips Mengupload Dokumen Penawaran Lelang agar tidak perlu khawatir gagal upload karena waktu upload disaat injury time dan ukuran file yang cukup besar,, hehehe..... 

1. Scan Dokumen yang Diminta Saja

Hasil scan merupakan file image yang berukuran besar, apalagi jika discan dengan resolusi tinggi. Jika dokumen lelang tidak mensyaratkan penyedia mengirimkan hasil scan dokumen, penyedia tidak perlu scan dokumen tersebut. Cukup dokumen dalam format MS Office, PDF atau sesuai yang tertulis di dokumen lelang. Satu halaman hasil scan bisa berukuran 500 KB atau lebih.

2. Scan dengan Resolusi Rendah atau Lakukan Resize Image Hasil Scan

Jika harus melakukan scanning, scanlah dengan resolusi rendah dan kalau perlu hitam putih. Perhatikan petunjuk penggunaan scanner Anda. Untuk kertas ukuran 4A atau folio, gunakan ukuran resolusi sekitar 1024 x 768 pixel. Atau, Anda dapat melakukan resize sendiri dengan software sehingga file yang dapat diperkecil hingga beberapa persen.

File yang mula-mula berukuran 2MB berkurang hingga 95% menjadi hampir 100KB. Resize dapat dilakukan dengan software IrfanView yang dapat didownload di http://www.irfanview.com. Adapun petunjuk penggunaannya adalah sebagai berikut:
  1. Download dan install IrfanView terlebih dahulu.
  2. Buka IrfanView. Menu: Start > Program > IrfanView > Irfan View 4.0! (Atau IrfanView versi lain)
  3. Buka file yang akan diresize. Menu: File > Open! Pilih filenya.
  4. Lakukan resize. Menu: Image > Resize/Resample!
  5. Pilih resolusi yang ada di bagian kanan. Pilih resolusi 1024 x 768 atau 1280 x 960 atau 1600 x 1200 pixel. Click OK.
  6. Simpan file tersebut. Menu: File > Save As. Isikan nama baru, misalnya: CV‐small.jpg
  7. Lakukan langkah 3-6 untuk file-file image yang lain.
Selain menggunakan software irfanview, anda juga dapat menggunakan Adobe Acrobat.
Caranya:
  1. Download software Adobe acrobat terlebih dahulu
  2. buka file hasil scan menggunakan program adobe acrobat
  3. pilih menu advanced > PDF Optimizer
  4. setting ukuran yang diinginkan pada kolom ppi, apakah ingin mengecilkan resolusi pada images, fonts, atau sebagainya.

Sistem LPSE tidak bisa membatasi ukuran file atau memperkecil ukuran file secara otomatis. Sistem LPSE hanya dapat melakukan kompresi (teknik untuk memperkecil ukuran file) menggunakan Aplikasi Apendo. Dengan mengikuti tips ini file dokumen penawaran anda masih bisa terbaca jelas oleh panitia lelang meskipun ukuran file jauh lebih kecil resolusi dari file asli scannya. Semoga membantu.

0 Response to "Tips Mengupload Dokumen Penawaran Lelang"

Post a Comment

Contact Us