KAK Jakarta Historical Festival

Perkembangan Indonesia saat ini cukup pesat, baik dari pendidikan, kebudayaan, pariwisata, ekonomi, politik, maupun kesenian. Banyaknya kebudayaan asing yang mulai masuk ke Indonesia khususnya Jakarta yang merupakan ibukota Indonesia.Globalisasi yang semakin merajai perkembangan ibukota DKI Jakarta semakin merasuk di kalangan tua sampai muda.DKI Jakarta sebagai ibukota Indonesia mempunyai peranan penting dalam mempengaruhi kota-kota di Indonesia, tak terkecuali di dunia.DKI Jakarta pun dapat menjadi barometer permasalahan sosial dan budaya.Hal ini dikarenakan DKI Jakarta memiliki berbagai macam warna bahasa, suku, etnis, budaya yang terpadu di wilayahnya.

Modernisasi dan Globalisasi yang saat ini sudah masuk ke Indonesia khususnya DKI Jakarta yang menjadi pusat Ibukota Indonesia sangat berkembang pesat bahkan cukup mendominasi gaya hidup masyarakat saat ini. Dapat dipastikan generasi muda saat ini kurang paham dan bahkan banyak yang tidak tahu tentang sejarah ibukota DKI Jakarta.Minat nasionalisme pada diri masing-masing pemuda - pemudi Indonesia saat ini sangat minim, banyak yang tidak menghargai jerih payah para pejuang yang sudah berhasil memerdekakan Indonesia.Bahkan bukan hanya para generasi muda yang kurang paham pada hal tersebut, generasi sebelumnya yang seharusnya menjadi panutan banyak yang masih kurang paham.Sangat disayangkan hal ini terjadi, sebagai bangsa yang baik seharusnya dapat terus melestarikan dan menjaga keanekaragaman budaya dan dapat lebih bersikap nasionalisme untuk menghargai hasil perjuangan para pahlawan yang telah memperjuangkan Indonesia.

DKI Jakarta sebagai ibukota Indonesia pun menjadi sorotan seluruh nusantara bahkan negara-negara lain. Dengan dasar tersebut acara ini akan diselenggarakan di DKI Jakarta yang penduduknya cukup banyak, dan juga tema dari acara ini adalah sejarah kota Jakarta. Selain sebagai ajang promosi kota Jakarta, acara yang diselenggarakan Museum Sejarah Jakarta ini akan fokus pada masyarakat DKI Jakarta sebagai sasaran pengunjung acara ini. Khususnya generasi muda untuk memunculkan kembali sifat dan sikap nasionalisme, mengenalkan kembali perjuangan para pejuang, dan hal-hal yang bersifat sejarah lainnya. Oleh karena itu, Museum Sejarah Jakarta akan menyelenggarakan acara "Jakarta Historical Festival".

Maksud dan Tujuan

Maksud
  • Mendukung dan memeriahkan perayaan Jakarta Historical Festival.
  • Mendukung Program Gerakan Nasional Cinta Museum 2010 - 2014.
  • Meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya museum sebagai sarana untuk membangun masyarakat.
  • Merupakan sarana dan prasarana edukasi rekreasi untuk masyarakat sebagai pengunjung kegiatan Jakarta Historical Festival.
  • Memunculkan sikap dan sifat nasionalisme kepada masyarakat DKI Jakarta, khususnya para generasi muda yang saat ini sudah mulai hilang secara perlahan.

Tujuan

  • Meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap sejarah kepurbakalaan, permuseuman dan para pecinta budaya.
  • Meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap sejarah sejarah Indonesia khususnya DKI Jakarta dan turut bersama-sama menjaga kelestarian budaya DKI Jakarta.
  • Memberi pemahaman kepada masyarakat mengenai sejarah Ibukota DKI Jakarta.
  • Meningkatkan promosi museum sebagai destinasi pariwisata dan budaya di DKI Jakarta dengan menciptakan kegiatan-kegiatan dalam kreativitas baru.



0 Response to "KAK Jakarta Historical Festival"

Post a Comment

Contact Us