Kerangka Acuan Kerja Pengadaan Genset

Kerangka Acuan Kerja atau juga disebut TOR (Team of Reference) adalah suatu dokumen yang menginformasikan gambaran umum dan penjelasan mengenai keluaran kegiatan yang akan dicapai sesuai dengan tugas dan fungsi kementerian negara/lembaga yang memuat latar belakang, penerima manfaat, strategi pencapaian, waktu pencapaian, dan biaya yang diperlukan. Kerangka Acuan Kerja (KAK) untuk pekerjaan perencanaan perlu disiapkan secara matang sehingga mampu mendorong perwujudan karya perencanaan yang sesuai dengan kepentingan proyek. Berikut saya uraikan contoh pembuatan KAK Pengadaan Genset. Khususnya Latar Belakang mengapa dalam sebuah Unit Satuan Kerja dibutuhkan Genset (Generator Set).

Latar Belakang Pengadaan Genset

Beberapa tahun belakang ini, peralatan penunjang kinerja suatu instansi berkembang semakin pesat. Salah satu contoh mesin yang mengalami perkembangan itu adalah genset (generator set). Genset merupakan suatu mesin yang sangat diperlukan untuk menjaga supply listrik baik itu di pabrik atau kantor pemerintahan agar supply listrik tersebut selalu tersedia ketika listrik dari PLN mati. Genset memegang peranan yang sangat penting dalam pembangkit listrik dan penyaluran tenaga listrik pada suatu system tenaga listrik. Salah satu kantor pemerintahan yang belum dilengkapi generator set (genset) yaitu, di [Satuan Kerja yang akan dilaksanakan anggaran untuk Pengadaan Genset] merupakan suatu bangunan yang dapat menampung kegiatan yang berhubungan dengan [Fungsi Bangunan]. Di dalam gedung ini terdapat berbagai fasilitas yang mendukung segala aktivitas olahrga, diantaranya antara lain: lapangan badminton, kolam renang, aula dan sebagainya. Sejalan dengan pengembangan pelayanan perkotaan perlu juga ditingkatkan untuk semua lapisan masyarakat, termasuk di [Satuan Kerja yang akan dilaksanakan anggaran untuk Pengadaan Genset].

Diperlukan adanya generator set (genset) di [Satuan Kerja yang akan dilaksanakan anggaran untuk Pengadaan Genset] berguna untuk meningkatkan kinerja dan mengurangi kerugian yang terjadi ketika kondisi aliran listrik dari PLN yang tidak stabil ataupun mati. Dimana hal ini menyebabkan terganggu hingga terhentinya aktifitas, baik yang bersifat rutinitas ataupun olah raga dalam perlombaan dan atau kegiatan formal lain yang diadakan di [Satuan Kerja yang akan dilaksanakan anggaran untuk Pengadaan Genset].

Demikian latar belakang mengapa di dalam instansi pemerintahan dibutuhkan Genset sehingga diperlukan untuk pengadaan genset.

0 Response to "Kerangka Acuan Kerja Pengadaan Genset"

Post a Comment

Contact Us