METODE PELAKSANAAN PENGADAAN

Metode pelaksanaan pekerjaan merupakan bagian dari dokumen penawaran yang harus dilengkapi oleh setiap penyedia barang dan jasa yang akan memasukan dokumen penawaran. Penggunaan metode yang tepat, praktis, cepat dan aman, sangat membantu dalam penyelesaian pekerjaan pada suatu proyek Pengadaan. Berikut CONTOH METODE PELAKSANAAN PENGADAAN SECARA UMUM :


METODE PELAKSANAAN

Nama Pekerjaan : 
Tahap pelaksanaan pekerjaan ini terdiri atas :
1.        Persiapan Administrasi
2.        Persiapan Teknis
3.        Pengiriman dan Distribusi
4.        Penerimaan dan pemasangan
5.        Serah Terima
1.      PERSIAPAN ADMINISTRASI
Pada tahap ini, yang paling penting adalah persiapan semua surat perijinan dan surat pengantar yang diperlukan untuk pengiriman Barang agar tidak ada kendala sampai dengan Barang didistribusikan ke lokasi yang akan menerima.

2.      PERSIAPAN TEKNIS
            Pada tahap ini, dilakukan penyediaan Barang dan seluruh komponennya sesuai kuantitas yang diinginkan. Selanjutnya dilakukan pemeriksaan kualitas Barang apakah sudah sesuai dengan spesifikasi yang diinginkan. Tahap ini menjadi titik kritis pertama untuk menentukan kelancaran pekerjaan, jika persiapan teknis tidak dilakukan dengan matang, pekerjaan selanjutnya akan berjalan tidak sesuai dengan yang diharapkan.

3.      PENGIRIMAN DAN DISTRIBUSI
Pengiriman dilakukan melalui jasa ekspedisi yang telah berpengalaman mengirim Barang. Jika diperlukan, kami akan menyertakan stafnya selama masa pengiriman untuk menjaga Barang dari hal-hal yang tidak diinginkan dan memastikan bahwa paket kiriman diperlakukan dengan baik dan hati-hati selama diperjalanan. Barang yang telah sampai di lokasi, dikumpulkan dulu pada 1 tempat untuk diperiksa lagi baik kondisinya, untuk memastikan tidak ada yang rusak selama dalam perjalanan pengiriman dari gudang.

4.      PENERIMAAN DAN PEMASANGAN

Dikumpulkannya barang-barang di satu tempat juga bertujuan untuk memudahkan dalam hal proses penerimaan dan pemasangan oleh pihak Pemberi Tugas. Satu per satu paket diperiksa dan diuji setelah pemasangan LED untuk mengetes pengoperasiannya. Untuk itu disiapkan formulir ceklistnya yang kemudian diisi dan ditandatangani sebagai bukti pemeriksaan dan menjadi lampiran dalam surat berita acara pemeriksaan barang. Jika ditemukan paket Barang yang tidak lengkap atau tidak berfungsi optimal, kami akan menggantinya dengan paket Barang yang baru.
5.      SERAH TERIMA

Tahap terakhir adalah serah terima paket Barang kepada pihak PPK yang menerima paket tersebut. Penyerahan ini dituangkan dalam berita acara penyerahan barang, yang akan menjadi lampiran dalam berkas penagihan pekerjaan kepada Pemberi Tugas.

0 Response to "METODE PELAKSANAAN PENGADAAN"

Post a Comment

Contact Us